Liburan dan Linux

|
Salam sejahtera untuk semua penghuni planet bloggernus! Kepada fellows blogger yang selalu setia mampir ke blog ini, saya ucapkan berjuta terima kasih. Genap 5 bulan sudah saya absen nyetor postingan di blog ini. Semangat saya untuk ngeblog mendadak hilang setelah selesai wisuda akhir tahun kemaren. Saya benar2 menikmati liburan panjang yang tiada berujung. Ide buat posting pun jadi ikut libur. Liburan panjang ini saya habiskan dengan mengotak-atik laptop yang selama ini sukses menjadi teman sejati saya. Mulai dari mengutak atik kinerja Windows XP, menginstal & mencoba software2 baru, sampai mengganti Windows XP saya dengan Linux Ubuntu yang fenomenal itu.

Cerita seputar Linux, tentu fellows blogger sudah mengenal sistem operasi gratis yang satu ini. Saat pertama melihat videonya di Youtube, saya langsung tersihir oleh keindahan efek Compiz Fusion nya. Saat itu distro (varian) Linux yang saya lihat adalah Ubuntu. Tampilan desktop yang canggih seolah ingin mengatakan pada dunia bahwa dunia open source gratis seperti Linux tidak kalah hebat di banding Windows yang notabene berbayar. Efek2 pada tampilan desktopnya adalah inovasi mutakhir yang bisa membuat tampilan desktop Ubuntu menjadi tiada batas. Salah satu yang membuat saya naksir adalah efek "desktop cube" yang bisa membuat tampilan desktop seperti kubus 3 dimensi. Efek lain yang tak kalah hebat adalah "wobbling windows" yang membuat tampilan jendelanya bergoyang seperti agar-agar. Selain itu masih banyak lagi yang menakjubkan dari Linux. Konon Ubuntu adalah distro Linux yang paling populer dikalangan Linuxer. Selama sebulan saya bergumul melawan waktu memecahkan misteri sistem operasi Linux. Setiap hari mondar mandir di forum2 Ubuntu untuk bertanya dan mencari tahu cara kerja dari Ubuntu yang memang tidak mudah apalagi bagi seorang pemula seperti saya. Yang membuat saya puas adalah saya berhasil mencoba semua efek "compiz fusion" yang saya idam2kan. Dahsyat! Kalo soal ini, Windows memang harus bertekuk lutut.

Tapi terlepas dari itu, cara kerja Linux sangat berbeda dengan Windows. Semua program yang biasa saya jalankan di Windows tidak bisa di pakai di Ubuntu. Jika mau instal software di Windows kita tinggal klik ini klik itu langsung jadi. Tapi tidak di Linux. Semua harus di command lewat terminal menggunakan kode atau perintah yang memusingkan. Akhirnya setelah 1 bulan, saya menyerah. Windows XP pun dikembalikan ke laptop. Windows XP tetap lebih yahud dalam pengoperasiannya. Mungkin karena saya juga baru mengenal Linux, makanya terasa susah. Oya, beberapa minggu ini saya lagi utak atik Windows Vista. Hampir tak ada bedanya dengan Windows XP, bahkan mungkin lebih mudah. Tapi sayang Vista masih berat di jalankan karena memakan banyak RAM. Tapi soal tampilan, Vista memang jauh lebih cantik di banding XP. Okeh, saya tutup ceritanya sampai disini. Mau jalan2 dulu ke blog tetangga. Selamat berakhir pekan :)

24 comments:

Zee said...

Liburannya lama juga ya, ampe berbulan-bulan. Pantes blog ini tak terurus..

cewektulen said...

kemana aja mister?????????????

Dew said...

Welkombek!
Mana lagu-lagu barunya?

Fatah said...

welcome back !! semoga sukses dengan utak-atik linuxnya :)

kenny said...

kirain mo pensiun dini dari blogsphere :D, welkambek 'n mek wiken

Bintang said...

orang2 bilang masih bagusan windows xp dari pada vista..kalo aku bilang sih karena mereka belom terbiasa aja dengan vista..padahal menurut aku vista tuh tampilannya ok banget...

mitora in life said...

yaa... kalo aku mah tetep XP aja , hehehe :D

kecuali ntar klo dah ada laptop baru :)

venus said...

holaaaaa....kemana aja??? beuh, lama juga ngilangnya yak??

leksa said...

Bro,.. emang situ bikin skripsi "Johh Q" nya nulis atau ada pilem na?

boleh lah diliat kalo ada youtube nya :D

Welkam bek..

btw, gue sedang test magazine themes :|
*terasa inget pesen loe tentang design simple :p

Vina Revi said...

btw, aku lagi berharap supaya code untuk ng-crack games via Windows Vista cepat beredar. Soalnya sejak pake Vista, jadi susah ng-games, niy! :)

any advice?

Anonymous said...

pendapat Anda soal Linux tidak sepenuhnya benar, KURANG GAUL ye! :-)

itu windows dan aplikasinya legal tidak *ngacir*

Rezki said...

Vista is the besT

Donald said...

Linux emang oye, tp XP juga cool.

Bagi yang penggila komputer abizz, ingin membuktikan kemampuannya di perkomputeran terlebih bermain pd tingkat jaringan atau sistem operasi. Sepertinya belum lengkap tanpa menyentuh, membelai serta mengunyah-ngunyah Si Linux sok imut ini.

ridhoyp said...

yaps windows xp sama vista hampir sama.. virus nya pun juga.. linux apa lagi.. udah banyak trojan kalo ga di aktivin firewall nya.. cobain OS freebsd dhe.. http://freebsd.org .. pasti keren.. GUI nya juga udah bagus.. ga kalah sama linux!

LiSan Skywalker said...

Kalau aku sudah pasti tidak bisa pake Linux, secara aku main game onlen yang tidak bisa jalan di Linux. Tapi doi aku pake Linux loh, dan dia suka banget dibanding windows, sampe saat ini udah beberapa bulan dia udah pake ^o^

Anyway salam kenal ya ^o^

name said...

freebsd sih buat server aja, di desktop masih kalah sama linux

biasanya orang *BSD di Indonesia pake windows di desktopnya walaupun di server pake *BSD

*memulai flawewar*

nashoong said...

pengen vistaaaa ;

senny said...

liburannya kelamaaan!!!

so much things change, mas!

barb michelen said...

Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

ndahdien said...

mau ngotak ngatik komputer lagi ga'?? mampir t4ku ya, sok mangga komputer gw diotak atik sepuasnya;)

ardhi nugraha said...

wah saya ngga dong soal Linux2an..

pengin rasanya belajar, thanks for ur info...

mZ.aNgGie said...

tapi minum cappucinno ngga lupa kan mas... ;)

eda said...

情趣,G點,性感丁字褲,情趣,角色扮演服,吊帶襪,丁字褲,情趣用品,無線跳蛋,男女,
情趣按摩棒,自慰套,角色扮演,按摩棒,跳蛋,情趣跳蛋,
.,

潤滑液,SM,內衣,性感內衣,自慰器,充氣娃娃,AV,
按摩棒,電動按摩棒,飛機杯,視訊,自慰套,自慰套,情趣用品,情趣內衣,

chris said...

wah saya masih newbie..lage belajar linux..
btw,,thanks y infonya..:D

Post a Comment