New Blogger Memang Lebih Oke!

|
Saat pertama kali hijrah dari Old Blogger ke New Blogger, saya dirundung rasa bingung yang luar biasa. Keringat dingin bercucuran. Jantung deg2an dan kaki gemetaran. Kenapa..? Beberapa pertanyaan terus terngiang di kepala saya. Apakah Blogger yang baru masih sebagus yang lama. Apakah konfigurasinya masih semudah sekarang? Masih kah menggunakan HTML style untuk merombak template? Saya sempat ada feeling bahwa "The New Generation Blogger" ini bakal sama seperti Word Press dalam hal templatenya. Berminggu2 hal ini menjadi bahan pertimbangan saya. Tapi, di sudut lain, pihak Blogger selalu mengingatkan para pelanggannya untuk segera pindah ke Blogger yang baru. Dan saya takut jangan2 Blogger lama akan di musnahkan, dan jangan2 lagi pelanggan lamanya akan di gusur dengan paksa jika tidak mau pindah ke Blogger baru, seperti aksi penggusuran kios2 pedagang kecil oleh anggota Satpol PP yang belakangan ini sering terjadi. Akhirnya dengan berat hati, saya pun bermigrasi ke New Blogger dengan membawa pakaian dan perlengkapan seadanya. Proses bermigrasi pun dilaksanakan. Namun sebelumnya saya harus membuat account di google dulu. Karena Blogger yang baru ini tidak menggunakan user name yang lama, tetapi menggunakan account google, seperti GMail atau saudara2nya.

Sesampainya di perkampungan New Blogger, saya lumayan takjub melihat perubahannya. Bukan dalam hal tampilannya, tapi konfigurasinya yang semakin simpel dan semakin mudah. Sampai pada edit template, disinilah kejutan besar terjadi. Cara mainnya benar2 menyerupai Word Press (WP). Blogger yang dulu menerapkan kode HTML sebagai syarat utama dalam templatenya, kini berubah menjadi lebih simpel dan menganut paham RSS persis seperti apa yang ada pada WP. Memang model seperti ini bisa memudahkan pelanggan Blogger dalam mengotak-atik template. Tapi koq serasa ga ada istimewanya lagi, ga ada seninya lagi, ga ada tantangannya lagi. Karena kita hanya memindahkan ini dan itu, menambahkan ini dan itu, di sekitar sini dan situ, dan dalam sekejap, taddaaa... template pun jadi.

Awalnya, saya memang agak kecewa dengan perubahan yang dilakukan Blogger. Tapi, setelah di pikir lagi. Ada benarnya juga. Zaman sudah berubah. Orang lebih memilih cara yang praktis dan mudah. Semua itu tidak bisa kita pungkiri. Lebih cepat, lebih mudah, lebih terjamin, itu yang bakal jadi pilihan. Dan Blogger tak ingin kehilangan penggemarnya hanya karena gayanya sudah ketinggalan zaman. Dan sekarang, setelah melakukan pedekate yang cukup, saya pun mulai menyukai New Blogger. Belum lagi ada banyak trik rahasia dalam mengedit templatenya sehingga blog kita bisa tampil lebih oke. Dan lagi, saya masih bisa kembali ke gaya HTML yang lama jika bosan dengan gaya yang baru. Makin jatuh cinta deh jadinya ;)

PS: Banner yang terpampang di bawah shout box bertuliskan "mr.capppuccino" adalah buatan sahabat saya Once Jevuska. Dia adalah salah satu manusia paling jago membuat banner. Kalo ada yang pengen dibuatin banner pribadi, jangan segan2 nyamperin dia. Orangnya baik koq, pasti bakal di bikinin. Hehehe... Terima kasih Once. Keep rocking bro!

26 comments:

artja said...

sama dong, saya juga mikir tujuh kali untuk migrasi ke new blogger. sementara ini, saya baru terapkan ke salah satu blog saya, biar tahu bedany adulu. ntar kalau memang udah lebih familiar, saya akan segera migrasikan semuanya.

Anonymous said...

sebel..gara2 new blogger harus login 2 kali dan wblogger nya skr malah gak bisa di login :((

Unknown said...

tapi ada satu yang gua sebelin: fontnya kenapa mesti tulisan jepang?

capedeh.. >.<

Unknown said...

aku sih langsung pake new blogger mister... jadi nda ngerti yang old blogger keik gimana... :p

Sandy said...

*nangis mode: ON*

template saya masih gitu2 aja.. Dasar terlahir sebagai manusia gaptek! Hiks..

-Fitri Mohan- said...

aku masih ngutak-atik nih new bloggerku. nggak tau deh bakal berantakan apa enggak.

Anonymous said...

ituh tulisan dibawah shoutbox nya bagus.....hehehehehehe. coklat gimana gitu, keren!

Nieke,, said...

wahhh.. kalo aku sama spt Kana haya.. make blogger langsung ke new.. maklum, nyu komer,, hihihi.. btw, saya sedih mendengarmu bermigrasi ke New Blogger dengan pakean seadanya, hiks xP.. tp yg penting skrg ndak nyesel khannn..? ;)

dezz said...

kayaknya sama aja.. lu mau login pake new atau old blogger, cuma yg old nanti ada pilihan lagi jadi terkesan 2x login..

dulu sih namanya blogger beta sekarang betanya di coret.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Pa khabar mister.... searh blog nya dah bisa di ilangin belum...

Anonymous said...

iya mister, new blogger lebih praktis dan juga siapa yang udah biasa di old blogger masih bisa revert to classic, jadi tinggal kita aja yang memilih. Bagus bannernya, jadi pengen? ;)

Anonymous said...

uui.. kl template yg baru tuh kode2 buat wkt ngepost, label, dll nya tu apa aja si? beda ya?

Nico Wijaya said...

tadinya sih juga mikir-mikir dulu sampai suatu ketika dipaksa untuk migrasi. ya udah,diikutin. eh ga taunya malah jadi bagus.
baguuus..

Unknown said...

wah seru juga kyknya..... utak-atik aja mas templatenya... nama gua masuk jg dipostnya.. thanx bgt dah.. BTW Once Jevuska tuh hahahaha

Anonymous said...

sukurlah dirikuw tidak mengerti html
jadinya seneng2 aja ada perubahan mudah kek gini

finkz said...

yup. memang terbukti. saya juga jadi suka pake blogger.

Amelia Dewi said...

aku malah jadi bingung... baru aja belajar html.. sekarang blogger jadi simple. tapi udah simple, saya malah pusing gimana caranya tetep dengan template buatan anca tapi di modif pake fitur edit.... haduuuuuuhhhh

Ronn said...

So... it is highly recommended???

T A T A R I said...

blog itu apa sih??
makanan ringan jenis apa itu ????

*sok polos mode on*

Anonymous said...

Mister..
Unfortunately saya tidak melanjutkan blogger.com lagi..
Hehehe..

Anonymous said...

saya sih orang baru dalam perblog-an..dari gak bisa bedain mana yang lama n yang baru...

Miftah Muhaemen said...

jam clocklink bila dilewati mouse muncul iklannya. baikkan jam Miftah coba cari di http://miftahbanjar.com
ada juga kalender y bisa di link k blog ini

kenny said...

skr dah jamannya serba instan...termasuk blogger :D

Anonymous said...

saya malah bingung dg new blogger, pengen ganti blog ebloggy yg sering ngawur, bagi ilmunya dong mas

makasih sudah mampir ya, salam kenal. boleh link ya...

mia76 said...

Anda tidak biasa dengan perubahan yah? Sama dong. Awalnya emang suka bikin bingung kalo ada yang berubah dari sesuatu juga gw suka bingung, tapi lama2 kebiasa.m =) =)

Post a Comment